Menu Close

Tips Interview Kerja Agar Lancar dan Sukses

Tips Interview Kerja Agar Lancar dan Sukses

hecansa.org – Interview kerja menjadi salah satu hal yang cukup menegangkan bagi para pelamar kerja di suatu perusahaan. Hal ini dapat menentukan lolos atau tidaknya seseorang dalam melamar suatu pekerjaan. 

Sebagai pelamar, pastinya Anda harus mengetahui beberapa hal penting supaya bisa lolos seleksi dengan mudah. Jangan sampai usaha yang Anda lakukan sia-sia setelah mengikuti berbagai macam tahapan tes namun di tahap interview gagal. Anda harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk lebih detailnya, ikuti tips interview kerja di bawah ini!

Tips Lolos Interview

Bagi yang ingin lolos interview saat melamar kerja, berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan supaya mudah diterima kerja!

 

  • Survei Tempat Interview (Lokasi)

 

Sebelum Anda melakukan interview, maka harus melakukan survey terlebih dahulu lokasi tempat interview yang akan dilakukan. Hal ini akan membantu Anda supaya datang tepat waktu. Anda bisa memanfaatkan media untuk mengecek lokasi, jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan.

 

  • Datang Tepat Waktu

 

Salah satu alasan banyak orang gagal saat interview dikarenakan terlambat. Hal ini menjadi point penting bagi pelamar untuk bisa diterima saat interview. Apabila di awal saja Anda sudah dicap buruk, maka untuk lolos interview akan lebih sulit. 

 

  • Pelajari Pertanyaan HRD 

 

Bagaimana cara mempelajari pertanyaan HRD? Setiap orang yang sudah pernah melakukan interview pastinya akan membagikan informasi keberhasilannya ke teman-teman lainnya yang membutuhkannya.

Anda juga harus update tentang berbagai macam pertanyaan yang diberikan oleh HRD seperti Melihat youtube, Google, atau media sosial. Pastinya akan ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan tentang pertanyaan yang diberikan oleh HRD.

 

  • Penampilan Rapi

 

Dalam melakukan interview, biasanya HRD akan melihat penampilan para pelamar. Dari segi penampilan dapat dilihat secara langsung mengenai bagaimana sikap yang dimiliki oleh pelamar kerja tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk melihat diri sendiri apakah sudah pas atau belum penampilannya.

 

  • Jujur

 

Saat interview yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah jujur dalam menjawab berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD. Berikan jawaban sesuai dengan apa yang Anda kuasai, dan jangan dilebih-lebihkan. HRD akan mengetahui bohong atau tidaknya ketika Anda menjawab sebuah pertanyaan. 

 

  • Awali dan Akhiri Dengan Berjabat Tangan

 

Berjabat tangan menjadi salah satu kunci penting dalam mengawali dan mengakhiri interview. Hal ini menjadi nilai positif bagi Anda sebagai pelamar kerja supaya lolos seleksi. Dengan berjabat tangan akan menjadikan Anda dianggap lebih sopan.

Baca Juga : Cara Perpanjang SKCK Online Dan Tanpa Biaya 

Dari sekian banyaknya tips interview kerja yang ada, beberapa tips di atas menjadi salah satu kunci penting yang harus Anda kuasai supaya bisa lolos kerja. Dengan mengetahui seperti apa tips seleksi kerja, kesempatan untuk lolos interview akan semakin besar.