Menu Close

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

hecansa.org – Metode ilmiah merupakan kumpulan dari teknik untuk mendukung suatu kegiatan meneliti secara  ilmiah guna memperbanyak pengetahuan. Dalam tahap ini terdapat berbagai variasi untuk bisa digunakan. Apabila masih bingung bagaimana langkah-langkah metode ilmiah, yuk simak tulisan berikut ini. 

Cara Menggunakan Metode Ilmiah

Inilah cara untuk diikuti apabila ingin menggunakannya, yaitu :

  1. Pengamatan

Pengamatan terhadap fenomena sekitar dapat menimbulkan suatu pertanyaan yakni bagaimana menjelaskan fenomena tersebut dengan menggunakan pengetahuan Anda?. Dalam proses ini juga memungkinkan untuk mendefinisikan pertanyaan terhadap fenomena-fenomena.

  1. Lakukan penelitian 

Setelah muncul pertanyaan terhadap fenomena disekitar Anda, lakukan pengamatan menggunakan berbagai pengetahuan terkait. Kegiatan tersebut bisa dikerjakan dengan jurnal ilmiah atau publikasi terkait penelitian.

  1.  Susun Hipotesis

Buat hipotesis dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Hipotesis merupakan praduga yang didasarkan pada hasil penelitian sebelumnya dan fenomena terkait. Hipotesis pada umumnya memiliki hubungan terkait sebab akibat. 

  1.  Membuat daftar alat

Buat list alat sesuai kebutuhan agar orang lain yang ingin Anda ajak kerjasama dapat melakukan proyek tersebut dengan baik. 

  1. Buat prosedur 

Prosedur dilakukan agar tidak ada pihak mengeluhkan apabila percobaan tidak berhasil.

  1. Uji hipotesis

Pengujian dilakukan berdasarkan percobaan untuk mengisolasi fenomena sekitar. Dalam melakukan uji ini, Anda perlu melakukan kontrol yang tepat. Catatlah percobaan tersebut agar orang lain dapat melakukan pengujian yang sama dengan Anda. 

Ada berbagai metode lain dalam pengujian hipotesis, yaitu pengumpulan data statistik, studi double-blind, dan lain sebagainya. Apabila Anda berhasil memastikan praduga tersebut, korelasinya akan kuat. Semakin kuat apabila diteliti oleh peneliti berikutnya. 

  1. Analisis hasil dan buat kesimpulan

Pengujian hipotesis merupakan cara untuk mengumpulkan data agar dapat membantu memastikan kebenaran dari praduga sebelumnya. Selain pada data, pengamatan bisa ditentukan dengan memperhatikan variabel pengintai atau variabel eksternal. 

Apabila peneliti sedang meneliti kinerja bensin ketika dapat membuat mobil menyala, tetapi saat menambahkan bensin perubahan suhu dan cuaca berubah maka peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut. 

  1. Buat laporan

Umumnya peneliti melaporkan penelitiannya melalui jurnal atau makalah ketika konferensi. Dalam laporan akan disampaikan mulai dari fenomena yang menjadi dasar pengamatan, hipotesis, metode, dan hasil pengamatan. 

  1. Penelitian lebih lanjut 

Penelitian  lebih dalam lagi bisa memastikan hasil dari pengamatan tidak terjadi secara kebetulan. Proses ini bisa memungkinkan untuk meminimalisir kesalahan saat melakukan penelitian sebelumnya. Proses ini umumnya dilakukan oleh peneliti berikutnya, namun tak ada salahnya apabila ingin meneliti ulang sendiri di masa depan. waktumain

Selain itu, Anda bisa menyampaikannya di bagian akhir kesimpulan agar peneliti selanjutnya bisa mengetahui kekurangan pada pengamatan saat ini. 

Baca Juga : Cara Mengurutkan Nomor di Excel Secara Otomatis

Demikian uraian mengenai langkah-langkah metode ilmiah yang bisa dilakukan ketika ingin menyusun karya ilmiah. Untuk mendapatkan hasil karya ilmiah yang tepat, lakukan semua prosedur diatas. Semoga tulisan ini senantiasa bermanfaat.