Menu Close

Cara Perpanjang SKCK Online Dan Tanpa Biaya 

Cara Perpanjang SKCK Online Dan Tanpa Biaya

hecansa.org – Sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Kepolisian setempat dan berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan tindakan kriminalitas yang pernah dilakukan seseorang. Jika Anda adalah pribadi yang tidak pernah melakukan tindak kriminal, SKCK Anda akan bersih. Nah, sekarang ini cara perpanjang SKCK online semakin mudah dengan sistem terpadu yang disediakan oleh pemerintah. 

Karena pada dasarnya SKCK yang dimiliki oleh seseorang memiliki masa berlaku hingga 6 bulan saja. Setelah itu, Anda harus melakukan perpanjangan pada kantor polisi yang menerbitkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian tersebut. Untuk mengetahui cara perpanjang SKCK online 2020, berikut ini ulasan kami selengkapnya. 

Cara Melakukan Perpanjangan Masa Berlaku SKCK 

Fungsi dari sebuah dokumen SKCK sebagai catatan kriminalitas seseorang membuat Anda harus memiliki dokumen ini ketika akan bekerja atau mendaftar pada sebuah institusi pendidikan (opsional). Bahkan dalam lamaran pekerjaan pada sebuah perusahaan, dokumen ini sifatnya wajib. Dan cara memperpanjang masa berlaku SKCK secara daring pada dasarnya sama dengan yang offline

Berikut ini langkah-langkah membuat SKCK : 

 

  • Persiapkan berbagai jenis dokumen yang menjadi syarat pembuatan SKCK secara daring. Jenis-jenis dokumen tersebut adalah sebagai berikut : KTP (fotokopi, lebih baik lagi jika yang asli juga disiapkan), fotokopi paspor dan KK, fotokopi akta kelahiran, serta pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar dengan background warna merah. 

 

  • Setelah itu kunjungi situs resmi kepolisian penerbit SKCK di daerah Anda masing-masing. Biasanya situs untuk melakukan pembuatan dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian berbeda tiap wilayahnya. Anda bisa mencari alamat situs ini di internet. Contohnya “situs buat SKCK secara online di Jawa Timur”.
  • Lengkapi formulir yang tertera pada situs tersebut. Isilah identitas diri yang diminta selengkap mungkin dan dengan sebenar-benarnya. Hindari pengisian formulir secara daring dengan menggunakan identitas palsu karena akan mempengaruhi integritas Anda di mata pihak kepolisian. 
  • Setelah selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa proses pembuatan SKCK berhasil dilakukan. Tak hanya itu, akan muncul nomor rekening yang dipergunakan untuk melakukan pembayaran dokumen yang telah diperpanjang. Anda tinggal melakukan transfer uang pada nomor rekening yang tertera dengan jumlah sesuai dengan yang diminta. 
  • Akan tampil kode registrasi yang bisa digunakan untuk mengambil SKCK di pihak kepolisian dekat tempat Anda tinggal. Proses pembuatan SKCK secara online dinyatakan selesai setelah Anda menerima bentuk fisik dokumen tersebut. 

 

 

Lalu bagaimana cara memperpanjangnya? 

  1. Persiapkan berbagai dokumen seperti surat pengantar dari kelurahan, SKCK yang telah dibuat sebelumnya, fotokopi KK, dan foto berwarna 4×6 sebanyak 4 lembar. 
  2. Anda bisa menyerahkan berbagai dokumen tersebut untuk diperpanjang pada pihak Polsek atau Polres. 
  3. Tunggu hingga SKCK Anda yang baru tersebut jadi. 

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Word yang Tepat

Nah, itulah cara perpanjang SKCK online dengan cara mendatangi langsung pihak kepolisian setempat. Semoga bermanfaat!