Menu Close

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Secara Alami dan Terbukti Ampuh!

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Secara Alami dan Terbukti Ampuh!

hecansa.org – Apakah Anda pernah mengalami sering buang air kecil, terutama pada malam hari sehingga menjadi sering terbangun. Kondisinya ini biasanya disebabkan karena Anda mengkonsumsi banyak air sebelum waktu tidur atau bisa jadi karena cuaca dingin, sehingga menjadikan Anda merasa dingin dan bangun tengah malam untuk buang air kecil. 

Meskipun masalah kesehatan ini lebih banyak dialami oleh lansia, namun tidak menutup kemungkinan bisa dialami oleh mereka yang usianya masih muda. Lalu, bagaimana cara mengatasi sering buang air kecil yang paling efektif dan tentunya aman bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam artikel kali ini.

Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Sering Buang Air Kecil

  • Kurangi mengkonsumsi air menjelang tidur

Mengkonsumsi air putih menjelang tidur memang dapat membantu Anda tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika minum terlalu banyak maka bisa jadi menyebabkan Anda bolak balik terbangun karena sering kencing. 

Agar hal itu tidak terjadi, maka minumlah 2 gelas air beberapa jam sebelum beranjak tidur agar cairan dapat diproses secara maksimal menuju kandung kemih. 

  • Hindari minuman beralkohol dan berkafein

Mengkonsumsi minuman berkafein sebelum tidur seperti teh dan kopi dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih.  Dengan begitu maka dapat menyebabkan Anda tidak dapat menahan rasa ingin buang air kecil. Hal itu sama saja ketika Anda mengkonsumsi minuman beralkohol menjelang waktu tidur. 

Oleh karena itu, hindari kedua jenis minuman diatas sebelum tidur. Agar Anda bisa tidur jauh lebih nyenyak dan tidak bolak balik bangun dan pergi ke kamar mandi pada saat malam hari. 

  • Mengkonsumsi jenis obat tertentu

Sering kencing pada malam hari membuat seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak. Hal itu bisa jadi karena mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, terutama yang mengandung diuretik. Obat tersebut berfungsi membantu organ ginjal dalam menstabilkan kadar natrium yang ada di dalam tubuh. 

Terutama obat tersebut terkandung pada obat darah tinggi. Semakin sedikit kadar natriumnya di dalam darah, maka kerja jantung akan semakin ringan dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh. Dengan begitu, maka tekanan darah akan berangsur stabil.

Namun sangat disayangkan bahwa obat tersebut mampu meningkatkan intensitas buang air kecil. Terlebih lagi jika penderita mengkonsumsinya menjelang waktu tidur. Solusi alternatifnya, jika ingin mengkonsumsi obat darah tinggi sebaiknya di waktu siang atau pagi hari agar tidak mengganggu jam tidur. 

Tidak hanya itu saja, namun pada obat antidepresan, obat pereda rasa nyeri, obat bius dan antibiotic juga memiliki efek yang sama. Jika kondisi ini sangat mengganggu Anda dan telah menerapkan cara mengatasi sering buang air kecil yang telah dibahas di atas namun tidak membuahkan hasil, maka bisa dikonsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.