Menu Close

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir yang Tepat

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir yang Tepat

hecansa.org – Jika Anda memiliki bayi yang baru lahir dan mengalami cegukan, maka jangan panik karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Biasanya bayi mengalami cegukan disebabkan karena mekanisme kontrol pada refleknya masih belum berkembang dengan baik. 

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir yang Tepat
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir yang Tepat

Hal itu yang menyebabkan bagian diafragmanya dapat mengencang dengan tiba-tiba dan menutup bagian pita suara pada bagian kerongkongan. Cegukan yang dialami balita ini merupakan suatu yang terjadi normal dan tidak membahayakan bagi kesehatan. Untuk mengetahui cara mengatasi cegukan pada bayi, silahkan simak pembahasan berikut ini!

Bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Secara Tepat?

Cegukan ini dapat berheni dengan sendirinya, akan tetapi jika tidak diatasi bisa berlangsung lama dan mengganggu aktivitas bayi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

  • Memindah posisi menyusui

Pada saat bayi menyusu, biasanya udara akan ikut masuk ke dalam mulut dan hal tersebut yang menyebabkan bayi mengalami cegukan. Salah satu cara alernatif untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti posisi menyusui bayi. Jika hal itu tidak dapat mengurangi cegukan, maka hentikan dulu proses menyusui karena bisa menyebabkan bayi tersedak. 

  • Menepuk bagian punggung bayi

Cegukan yang sering dialami bayi bisa diatasi dengan menepuk-nepuk bagian punggung bayi secara perlahan. Caranya, gendong bayi dengan posisi berdiri dan letakkan kepalanya pada pundak Anda kemudian tepuk-tepuk bagian punggung sampai bayi bersendawa. Cara ini terbuki cukup ampuh dan dapat menyembuhkan cegukan secara cepat.

  • Posisi menyususi bayi harus benar

Saat Anda menyusui, maka selalu pastikan dengan posisi yang benar. Pastikan posisi mulut bayi pada bagian areola (kulit yang berwarna gelap yang melingkari bagian putting). Jadi mulut bayi harus selalu menempel areola dan berhadapan dengan perut sang ibu. Dengan cara ini, maka bayi akan mendapatkan asupan ASI dengan baik dan akan terhindar dari masalah cegukan.

  • Memeluk bayi

Selain 3 cara di atas, maka Anda bisa mengatasinya secara mudah yaitu dengan memeluk bayi. Cara ini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuh si mungil. Anda bisa memberikan pelukan beberapa menit saja sampai cegukan berhenti.

  • Bawa bayi di ruangan yang hangat

Jika bayi yang mengalami cegukan tidak kunjung berhenti, maka Anda membawa bayi pada ruangan yang hangat. Hindari ruangan yang agak dingin atau ber-AC, karena perubahan temperature yang dingin dapat menyebabkan cegukan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Comment di Word Dengan Baik dan Benar

Tips Mencegah Terjadinya Cegukan Pada Bayi

  • Saat Anda akan memberikan ASI sebaiknya pastikan dulu saat bayi sedang tenang, tidak lapar dan tidak menangis. Hal ini untuk menghindari masuknya udara bersama ASI kedalam perut yang dapat menyebabkan cegukan dan perut kembung.
  • Setelah memberikan ASI, maka hindari menggendong bayi dengan cara memantul-mantulkan kearah atas dan bawah.
  • Setelah menyusui, biasakan menggendong bayi dengan cara berdiri dan menaruh kepala bayi di pundak Anda kurang lebih 20-30 menit.

Dengan membaca ulasan cara mengatasi cegukan pada bayi di atas, semoga dapat menambah wawasan Anda dan dapat menerapkannya.