Menu Close

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah, Ikuti Tutorialnya!

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah, Ikuti Tutorialnya!

hecansa.org – Semakin lama laptop digunakan maka performanya juga akan semakin menurun. Proses loadingnya juga menjadi lambat ketika kita membuka sebuah aplikasi dan tidak secepat ketika laptop masih dalam kondisi baru. Itu tandanya laptop Anda sudah mulai lemot alias lambat dalam kinerjanya. 

 

Jika terjadi masalah tersebut, jangan keburu panik. Karena ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda terapkan dan tidak perlu membawanya ke tempat servis atau  menukarnya dengan laptop baru.

 

Penyebab Performa Laptop Menurun

  1. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan. Dengan begitu maka secara otomatis kinerja perangkat laptop menjadi menurun. Jika sudah seperti itu, maka Anda membutuhkan proses booting yang jauh lebih lama. 
  2. Umur hardisk sudah tua, dimana proses write dan read akan berjalan menjadi lebih lama dibandingkan biasanya. Hal tersebut akan berpengaruh pada performa perangkat secara keseluruhan.
  3. Ruang hardisk sudah penuh, sehingga menyebabkan kinerjanya menjadi berat dan menyebabkan lemot.

 

Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas,  maka Anda bisa mengatasi masalah laptop yang lemot dengan mudah. Perlu Anda ingat, bahwa cara-cara yang kami ulas berikut ini 100% berhasil dan setidaknya mampu mengatasi kendala terkait laptop yang performanya menurun.

 

  • Uninstall aplikasi yang tidak penting

Terlalu banyak menginstal aplikasi di laptop dapat menyebabkan performanya menjadi lambat. Karena penyimpanan di Drive C akan penuh dan sistem menjadi lama untuk membaca hard disk. Jadi akan lebih baik jika Anda menghapus aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan untuk mengurangi memory hard disk.

 

  • Memasang antivirus

Alasan klasik perangkat laptop lambat yaitu karena disebabkan malware atau virus. Laptop layaknya manusia jika terserang virus maka performanya akan mengalami penurunan. Untuk menghindari serangan virus, Anda sebaiknya memasang antivirus terbaik dan pastikan untuk mengeceknya secara rutin.

 

  • Menggunakan aplikasi berdasarkan spesifikasinya

Sebelum membelinya, Anda harus mengetahui secara detail mengenai spesifikasi pada laptop tersebut. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam memilih aplikasi apa saja yang bisa dimasukkan apakah sesuai atau tidak.

 

Pilihlah jenis aplikasi yang memiliki spesifikasi rendah, sehingga tidak memaksakan kemampuan dari laptop sendiri yang dapat menyebabkan laptop menjadi menurun kinerjanya.

 

  • Penggunaan aplikasi harus disesuaikan

Mengoperasikan aplikasi dengan berlebihan sama saja memaksakan kinerja dari RAM yang ada di laptop. Hal tersebut tentu dapat menjadi salah satu penyebab utama laptop tidak dapat bekerja cepat. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya operasikan aplikasikan yang dibutuhkan saja dan tidak terlalu banyak agar dapat berjalan semestinya.

 

  • Memakai cooling pad

Untuk mengatasi laptop yang lambat, Anda juga bisa memanfaatkan cooling pad sebagai kipas tambahan agar dapat mengurangi suhu laptop yang terlalu panas. Anda juga bisa menggunakan vacuum cooler yang fungsinya untuk menyedot suhu panas dari dalam laptop. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir yang Tepat

Dengan mengetahui 5 cara mengatasi masalah laptop lemot di atas, Anda bisa menggunakan laptop dengan baik dan lancar tanpa harus menunggu lama dalam proses loadingnya.